• Home
  • Politik
  • Raih 500 Ribu Dukungan, Abdon Nababan Gagal Mencalon di Pilgubsu 2018
Sabtu, 25 November 2017 | 21:01:21

Raih 500 Ribu Dukungan, Abdon Nababan Gagal Mencalon di Pilgubsu 2018

Partai Persulit Jalur Independen
Nando
CALON INDEPENDEN - Abdon Nababan (berdiri) saat menggelar konferensi pers di kantor pemenangannya Jalan Karya Bakti No.28, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017) sekira pukul 10.00 Wib.
PATROLINEWS.COM, Medan - Abdon Nababan akhirnya gagal untuk ikut bertarung di Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018. Pasalnya, Bakal Calon Gubernur dari jalur Independen itu hanya mampu memperoleh 500 ribu dukungan KTP dari 23 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Pernyataan itu diungkapkan Abdon Nababan saat menggelar konferensi pers di kantor pemenangannya Jalan Karya Bakti No.28, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017) sekira pukul 10.00 Wib.

Dikatakannya, awalnya dirinya tidak pernah terpikir dicalonkan sebagai Gubsu. "Saya kaget diminta teman-teman untuk maju di Pigubsu karena saya tidak terkenal di Sumut tetapi malah lebih dikenal di Papua," ujar pria penerima Nobel Asia kategori kepemimpinan masyarakat itu.

Namun rentang waktu 4 (empat) bulan yang dimilikinya untuk memenuhi target yang telah ditetapkan UU sebagai syarat untuk menjadi Calon Gubsu membuat pihaknya tidak dapat bekerja secara maksimal.

"Kita hanya bisa meraih 500 ribu lebih dukungan KTP lengkap dengan surat dukungan sedangkan KPU menetapkan syarat untuk calon independen sebesar 764.578 KTP," ungkapnya.

Namun, lanjut Abdon lagi, kalau sekedar untuk menjadi sekedar masuk dalam pencalonan Gubsu sebenarnya masih bisa karena banyak yang mau memberikan dukungan dengan KTP gelondongan.

"Tapi kita hanya mau dukungan real dari masyarakat, karena KTP gelondongan bertentangan dengan prinsip moral kita. Selain itu, Sistem Informasi Pencalonan (SILON) KPU juga sangat ketat," tukasnya.

Abdon juga melihat, selama 4 (empat) bulan pengalamannya berinteraksi dengan masyarakat untuk proses Pilgubsu ini, Ia melihat animo masyarakat masih sangat tinggi dengan money politic.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa masyarakat kepercayaan masyarakat sangat rendah kepada calon-calon Gubernur yang ada.

"Yang bersih saja mereka anggap ketika duduk juga tidak akan berpihak kepada masyarakat, apalagi calon yang sudah menjabat, masyarakat menilai semua calon itu sama. Ketika kita melakukan sosialiasi, masyarakat masih mempertanyakan apakah ada uang yang akan mereka dapatkan saat mereka memberi dukungan nantinya," ungkapnya sembari menambahkan masih minimnya informasi Pemilu kepada masyarakat di pedesaan juga turut serta memberikan pengaruh karena banyak yang tidak mengetahui kapan waktu Pilgubsu.

Oleh karena itu, Abdon menghimbau agar KPU Sumut bekerja keras memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terutama di pedesaan sehingga dapat memberikan pemahaman ataupun motivasi untuk turut mensukseskan Pilgubsu nantinya. 

"Karena saya memperkirakan tingkat golpot akan sangat tinggi karena minimnya sosialisasi di masyarakat dan ketidaktahuan kapan dilaksanakan Pilgubsu," lanjutnya. 

Jalur Independen Dipersulit Partai

Selain faktor diatas, Abdon meyakini tidak ada sosok Balon Gubsu di Sumut yang mampu untuk mencalon dari jalur perseorangan (Independen) karena partai menciptakan aturan-aturan yang sulit untuk dipenuhi.

"Jalur independen dibuat sulit oleh partai politik supaya kita tidak mendapatkan calon independen yang tidak berhutang. Sangat tidak mungkin dikerjakan apalagi dengan adanya Sistem Informasi Pencalonan (SILON)," tegasnya. 

Dalam sesi tanya jawab, Saat awak media ini mempertanyakan arah dukungan yang akan dilakukan Abdon dengan 500 Ribu dukungan yang telah diperolehnya, Abdon menampik bahwa dirinya tidak memiliki wewenang untuk menentukan sosok Balon Gubsu yang akan didukung. 

"Yang bekerja itu bukan saya tetapi teman-teman organisasi masyarakat ini, merekalah yang memiliki wewenang tersebut, walau kemarin hal itu pernah kita bahas," tukasnya. (Nando)

BERITA LAINNYA
Rabu, 13 Desember 2017 | 22:48:57
KPU Medan akan Memetakan Lokasi TPS Untuk Pilgub Sumut
Rabu, 13 Desember 2017 | 22:09:55
Enam Desa di Kecamatan Losarang Ikuti Pilkades 2017
Kamis, 7 Desember 2017 | 00:22:10
Peroleh Tiga Rekomendasi Partai, Ini Kata Bur-Jadi
Selasa, 5 Desember 2017 | 21:49:51
APBD 2018 Akhirnya Disahkan, DPRD Sumut "Paten"
Senin, 4 Desember 2017 | 21:44:40
DPRD Karo Setujui KUA-PPAS R-APBD 2018
BERIKAN KOMENTAR
Top