• Home
  • Politik
  • Kementerian LH dan Kehutanan Setujui Pembangunan Jalan Melalui Kawasan TNGL
Senin, 30 Oktober 2017 | 20:25:38

Kementerian LH dan Kehutanan Setujui Pembangunan Jalan Melalui Kawasan TNGL

Erris
Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumut Drs Baskami Ginting
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Medan - Kementerian Lingkungan Hidup  dan Kehutanan (Kemen LHK) akhirnya menyetujui pembangunan (perbaikan atau pemeliharaan) Jalan tembus Karo-Langkat sepanjang 5,362 Km melalui kawasan TNGL (Taman Naional Gunung Leuser) melalui mekanisme kerja-sama pembangunan strategis dengan komitmen menjaga dan memelihara kawasan hutan TNGL yang merupakan paru-paru dunia.
            
Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumut Drs Baskami Ginting kepada wartawan, Senin (30/10/2017) di DPRD Sumut setelah menerima tembusan surat  Kemen LHK yang ditandatangani  Direktorat Jenderal Sumber Daya Alam dan Ekosistem  Ir Wiratno MSc yang ditujukan kepada Gubsu HT Erry Nuradi dan Kepala Balai Besar TNGL.
            
Surat  yang ditembuskan ke berbagai instansi  di Jakarta dan  Sumut ini berisi beberapa poin yang salah satu bunyinya menegaskan, bahwa berdasarkan permohonan Gubsu untuk memelihara/perbaikan jalan tembus Karo-Langkat yang berada di kawasan TNGL sepanjang 5,362 Km disetujui melalui mekanisme kerjasama pembangunan yang strategis serta sejumlah persyaratan.
 
"Adapun persyaratan tersebut, yakni pemeliharaan jalan dibatasi sepanjang 5,362 sesuai permohonan Gubsu dan DPRD Sumut dan tidak dilakukan pelebaran jalan serta penebangan pohon di kiri kanan jalan. Pemprovsu juga diwajibkan membangun  gapura masuk dan keluar TNGL, portal, pos jaga, papan informasi/peringatan/larangan, rambu-rambu keselamatan jalan maupun satwa di sepanjang jalan atau tempat-tempat tertentu," katanya.

Berkaitan dengan itu, tandas Baskami, Komisi D menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kemen LHK yang telah menyetujui  pembangunan jalan tembus untuk mengatasi kemacetan Jalan Medan Berastagi Karo yang sudah begitu padat serta sebagai jalur evakuasi bagi pengungsi erupsi Gunung Sinabung, jika sewaktu-waktu terjadi letusan yang besar.
"Kita sangat mengapresiasi Kemen LHK yang telah menyahuti aspirasi masyarakat Sumut dan diharapkan kepada Pemprovsu yang telah menganggarkan dana perbaikan Jalan tembus Karo-Langkat di P-APBD Sumut TA-2017 sebesar Rp2,7 miliar sudah dapat dipergunakan, agar jalan tembus yang selama ini sudah rusak berat bisa kembali mulus," tandasnya.

Dengan keluarnya persetujuan Kemen LHK ini, tandas Bendahara F-PDI Perjuangan tersebut, merupakan hadiah bagi masyarakat Sumut khususnya masyarakat Karo-Langkat yang selama ini sangat merindukan dibangunnya jalur evakuasi bagi pengungsi erupsi Gunung Sinabung, jika sewaktu-waktu terjadi letusan yang besar.(Erris).

BERITA LAINNYA
Senin, 20 November 2017 | 22:12:08
DPRDSU Bahas Ranperda Perubahan Perda BUMD
Senin, 20 November 2017 | 20:59:30
Perda Penanggulangan Bencana Kota Medan Resmi Disahkan
Selasa, 14 November 2017 | 23:45:42
KPU Sumut Gelar Acara Temu Ramah Insan Pers
Jumat, 10 November 2017 | 20:07:23
Ribuan Peserta akan Dihadiri Muswil BM PAN Malut
Kamis, 9 November 2017 | 22:41:42
Hati-hati Eksodus Massa Gunakan SuKet
BERIKAN KOMENTAR
Top