• Home
  • Politik
  • Calon Anggota Panwascam Ternate Disebut-sebut Titipan Cagub
Senin, 16 Oktober 2017 | 20:30:44

Calon Anggota Panwascam Ternate Disebut-sebut Titipan Cagub

Fahri
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Ternate - Meski belum usai agenda perekrutan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 7 kecamatan oleh Pantia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kota Ternate, sudah dikabarkan dengan isu yang tidak sedap. Pasalnya ada dugaan penitipan calon anggota Panwascam oleh salah satu kandidat calon Gubernur yang akan bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang.

"Mereka (peserta) yang lolos pada tes tertulis kemarin, semuanya adalah titipan dari calon Gubernur dan ada sebagian juga merupakan titipan dari anggota Bawaslu Provinsi," ungkap sumber yang enggan dituliskan namanya kepada Patrolinews.com Senin (16/10/2017).

Lanjut dia, integritas dari timsel Panwaslu Kota Ternate patut dipertanyakan sebab kata dia, rata-rata peserta yang di loloskan oleh timsel merupakan orang-orang terdekat mereka, bahkan pihaknya menilai ada indikasi sogok menyogok antara timsel dan Calon Gubernur yang ingin meloloskan pesertanya.

Sementara Divisi Pengawasan Komisioner Panwas Kota Ternate, Kifli Sahlan, saat dikonfirmasi di kantor KPU kota Ternate, membantah hal itu. Pihaknya mengatakan semua kenerja dari timsel Panwas kota Ternate sudah sesuai dengan prosedur dan aturan serta mengacu pada syarat perundang-undangan yang berlaku pada badan pengawasan pemilu (Bawaslu).

"Sejauh yang Bawaslu provinsi titipkan hanya pesan bahwa harus memperhatikan syarat undang-undang dan juga memperhatikan perkembangan 3% kalau memenuhi persyaratan kemampuan maka itu bisa walaupun peserta wanita. tetapi persoalan meraka peserta ini merupakan titipan dari Bawaslu itu tidak benar, dan tidak pernah terjadi sama sekali,"katanya.

Lanjut Kifli, pihaknya mengatakan bahkan setiap saat bawaslu provinsi salalu memberikan warning agara panwaslu kota Ternate selalu berupaya menghindar dari titipan, apalagi titipan dari partai politik ataupun tim sukses dari kandidat calon Gubernur. sehingga itu pihaknya meyakini sejauh ini panwaslu kota Ternate masih betul-betul selektif tidak ada yang namanya titipan-titipan itu.

"Sejau ini panwaslu kota selalu mempublikasikan secara terbuka kepada masyrakat, tapi kalau misalkan dalam proses tahapan ini berjalan lalu ada laporan yang memiliki bukti yang cukup bahwa yang bersangkutan merupakan titipan dan sebagainya maka kita akan tindak lanjut sesui dengan peraturan perundang-undangan Bawaslu, dan kalaupun yang bersangkutan sudah dinyatakan lolos tapi terbukti titipan maka kita akan memberhentikan,"tegasnya. (Fahri)

BERITA LAINNYA
Senin, 20 November 2017 | 22:12:08
DPRDSU Bahas Ranperda Perubahan Perda BUMD
Senin, 20 November 2017 | 20:59:30
Perda Penanggulangan Bencana Kota Medan Resmi Disahkan
Selasa, 14 November 2017 | 23:45:42
KPU Sumut Gelar Acara Temu Ramah Insan Pers
Jumat, 10 November 2017 | 20:07:23
Ribuan Peserta akan Dihadiri Muswil BM PAN Malut
Kamis, 9 November 2017 | 22:41:42
Hati-hati Eksodus Massa Gunakan SuKet
BERIKAN KOMENTAR
Top