• Home
  • Politik
  • Sebanyak 13 Peserta Panwascam Halsel Dinyatakan Gugur
Senin, 9 Oktober 2017 | 00:03:07

Sebanyak 13 Peserta Panwascam Halsel Dinyatakan Gugur

Fahri
Ketua Pokja Seleksi Panwascam Kabupaten, Halsel, Halid A Rajak
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Ternate - Pelaksanan rekrutmen panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam) oleh Panwas Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) di 30 Kecamatan pada Minggu (8/10/2017), sebanyak 13 peserta dinyatakan gugur dalam seleksi berkas.

"Data peserta calon Panwascam yang megembalika berkas folmulir yang sudah di lengkapi oleh peserta sebanyak 357 orang dan yang memenuhi persyaratan sebanyak 344 orang. Artinya yang tidak lolos dalam seleksi berkas sebanyak 13 orang," kata Ketua Pokja Seleksi Panwascam Kabupaten, Halsel, Halid A Rajak kepada kru Patrolinews.com, Minggu (8/10/2017).

Lanjut lelaki yang biasa di sapa Robet itu mengatakan, 13 peserta yang tidak lolos dalam seleksi berkas, dikarenakan data yang terdapat dalam folmulir pendaftar yang dikembalikan oleh peserta tidak memenuhi syarat, seperti halnya keterangan domisili dan juga usia (umur) peserta yang belum memenuhi syarat usia yang diteptapkan oleh panitia Panwas Kabupaten.

Sementara itu lanjut Robet, 344 peserta yang telah lolos dalam seleksi berkas akan berlanjut ke tahapan selanjutnya, yaitu tes tulis yang recananya diselenggarakan pada Jumat (13/10/2017) mendatang. 

"Tes secara tertulis ini akan menentukan 6 peserta yang lolos di setiap kecamatan, dan kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara untuk menentukan 3 peserta yang akan di tempatkan di tiap-tiap kecamatan yang menjadi wilayah tugasnya," lanjut Robet.

"Para peserta yang lolos tes tulis akan mengikuti tes selanjutnya yaitu tes wawancara, dalam tes wawancara ini akan menentukan 3 orang yang akan menjabat sebagai panwascam di 1 kecamatan," tutupnya.

Sekedar diketahui, tugas dan wewenang Panwascam dalam pemilihan yang akan diselenggarakan, yakni pada tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan panwascam akan melakukan pemutakhiran data pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap. 

Kemudian verifikasi partai politik calon Peserta Pemilu, proses pencalonan yang berkaitan dengan persyaratan dan tata cara pencalonan serta verifikasi faktual dukungan calon perseorangan gubernur, bupati atau walikota, dan pelaksanaan kampanye di wilayah kerjanya, kemudian perlengkapan logistik Pemilu dan pendistribusiannya.

Panwascam juga bertugas mengawal pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, pergerakan surat suara dari TPS sampai ke PPK, dan proses rekapitulasi suara yang dilakukan oleh PPK dari hasil rekapitulasi di seluruh PPS; serta pelaksanaan penghitungan dan pemungutan suara ulang, Pemilu lanjutan, dan Pemilu susulan.

Panwascam punya wewenang dalam menindaklanjuti temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu, pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu dan pelaksanaan tindaklanjut rekomendasi Pengawas Pemilu, serta pelaksanaan pengawasan sebagaimana dimaksud huruf a, huruf b, dan huruf c berdasarkan perintah Panwaslu Kabupaten/Kota. (Fahri)

BERITA LAINNYA
Rabu, 13 Desember 2017 | 22:48:57
KPU Medan akan Memetakan Lokasi TPS Untuk Pilgub Sumut
Rabu, 13 Desember 2017 | 22:09:55
Enam Desa di Kecamatan Losarang Ikuti Pilkades 2017
Kamis, 7 Desember 2017 | 00:22:10
Peroleh Tiga Rekomendasi Partai, Ini Kata Bur-Jadi
Selasa, 5 Desember 2017 | 21:49:51
APBD 2018 Akhirnya Disahkan, DPRD Sumut "Paten"
Senin, 4 Desember 2017 | 21:44:40
DPRD Karo Setujui KUA-PPAS R-APBD 2018
BERIKAN KOMENTAR
Top