• Home
  • Politik
  • Ketua DPRD Sumut Belum Jadwalkan Pelantikan Reki Nelson J Barus
Kamis, 15 Juni 2017 | 21:49:49

Ketua DPRD Sumut Belum Jadwalkan Pelantikan Reki Nelson J Barus

Ketua DPRD Sumut, H Wagirin Arman S.Sos
PATROLINEWS.COM, Medan - Ketua DPRD Sumut, H Wagirin Arman S.Sos menegaskan belum ada menjadwalkan pelantikan Reki Nelson J Barus untuk meneruskan atau menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) Eveready Sitorus dari Fraksi Gerindra menjadi anggota DPRD Sumatra Utara.

Hal itu dijelaskan Ketua DPRD Sumut ketika diwawancarai wartawan di Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol, Medan pada Kamis (15/6/2018).

"Sampai saat ini belum ada penjadwalan pelantikan PAW Eveready Sitorus kepada Reki J Barus," ujar Wagirin.

Karena, menurut Wagirin, pelantikan PAW ada mekanisme dan Tata Tertib (tatib) yang mengaturnya.

"Di DPRD Sumut ini punya mekanisme yang sudah diatur oleh Tatib. Setiap langkah dan kebijakan yang dilalui harus melalui tahapan-tahapan dan tahapan ini harus dilalui. Diantaranya ada rapat Badan Musyawarah (Bamus) dan banmuslah yang menjadwalkan pelantikan. Kalau sudah ada semua keputusan, maka tindak lanjut terakhir mau tidak mau harus dilaksanakan. Jika belum dijadwalkan tidak bisa dikerjakan," terang mantan Ketua DPRD Deliserdang ini.

Kader senior Partai Golkar ini menjelaskan, terkait masalah pelantikan Reki J Barus tidak ada hubungannya dengan permasalahan hukum yang terjadi antara Eveready dan Mahkamah Partai Gerindra yang saat ini dalam penanganan di Pengadilan Tinggi Tata Usaha (PTUN).

"Saya tidak masuk kewilayah yang masih ada permasalahan hukum atau tidak. Kami menggunakan langkah kami. Langkah kami adalah makanisme yang diatur oleh tatib DPRD Sumut. Soal ada kepastian hukum ataupun tidak, lewat tatib itu dulu prosesnya. Kami kerja diatur oleh tatib dan bukan kemauan saya, Eveready dan teman-teman yang lainnya," ungkapnya menegaskan.

Informasi yang diterima wartawan, walaupun pelantikan Reki J Barus belum dijadwalkan. Tetapi Reki J Barus terlihat kasak-kusuk di Gedung DPRD Sumut dan bertemu dengan Ketua DPRD Sumut dan diduga melakukan lobi-lobi khusus. Saat dipertanyakan hal itu kepada Ketua DPRD, dirinya mengatakan bahwa hal itu merupakan hal yang wajar.

"Wajar Reki mendatangi DPRD Sumut, namanya SK-nya sudah turun dari Kemendagri dan dia (Reki J Barus) sudah mengetahuinya. Jadi wajar dirinya bertanya. Reki J Barus bertanya dan saya jawab sesuai dengan peraturan tatib yang mengaturnya. Dalam hal ini Reki ingin mengetahui bagaimana mekanismenya sampai dirinya dilantik," ungkapnya.

Berita sebelumnya, Eveready Sitorus di PAW Partai Gerindra dikarenakan dirinya terjerat suatu kasus dan sudah inkrah. Maka, mahkamah Partai memutuskan untuk menggantikan Eveready Sitorus kepada Reki J Purba. Dikarenakan merasa keberatan dengan keputusan Partai, Eveready lalu melakukan gugatan di PTUN. (Nando)

BERITA LAINNYA
Kamis, 23 November 2017 | 21:20:46
Kodrat Shah Resmi Dilantik Gantikan Tuani Lumban Tobing
Senin, 20 November 2017 | 22:12:08
DPRDSU Bahas Ranperda Perubahan Perda BUMD
Senin, 20 November 2017 | 20:59:30
Perda Penanggulangan Bencana Kota Medan Resmi Disahkan
Selasa, 14 November 2017 | 23:45:42
KPU Sumut Gelar Acara Temu Ramah Insan Pers
BERIKAN KOMENTAR
Top