• Home
  • Nasional
  • Jokowi Minta Masalah Korban Erupsi Sinabung Segera Diselesaikan
Jumat, 29 September 2017 | 21:59:39

Jokowi Minta Masalah Korban Erupsi Sinabung Segera Diselesaikan

Menhut Setujui Pemakaian Kawasan TNGL Sebagai Jalan Tembus Karo-Langkat
PATROLINEWS.COM/IST
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat rapat terbatas (Ratas) bersama para menterinya yang turut dihadiri Wagubsu Nurhajizah Marpaung dan Bupati Karo Terkelin Brahmana di Istana Negara, Kamis (28/9/2017).
PATROLINEWS.COM, Karo - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meminta agar semua baik dari tingkat Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemda Karo agar berkolaborasi dan secepatnya menyelesaikan persoalan dan hambatan dalam percepatan penanganan korban pengungsi Erupsi Gunung Sinabung. 

Hal itu diungkapkan Presiden dalam rapat terbatas (Ratas) bersama para menterinya yang turut dihadiri Wagubsu Nurhajizah Marpaung dan Bupati Karo Terkelin Brahmana di Istana Negara, Kamis (28/9/2017).

"Tidak ada alasan tidak selesai, kasihan rakyat Karo korban Erupsi Gunung Sinabung. Untuk Relokasi Tahap 3 (Tiga) agar lahan yang masih belum diberikan izin segera diselesaikan. Dan Saya minta dalam waktu dekat ini, lahan kawasan hutan tersebut sudah disetujui izinnya oleh Menteri Kehutanan, agar relokasi tahap ketiga dapat berjalan," tegas Jokowi.

Usai mengikuti Ratas, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan bahwa intinya dalam Ratas (Rapat Terbatas) tersebut dengan beberapa Menteri Kabinet Kerja, Pak Presiden meminta agar semua baik dari tingkat Pemerintah Pusat baik tingkat Propinsi dan Pemda Karo semua berkolaborasi agar percepatan terkait penanganan Korban Erupsi Gunung Sinabung dapat selesai sesuai dengan harapan.

"Kebijakan Pak Presiden tadi, sebagai wujud membantu masyarakat korban Erupsi Gunung Sinabung yang sudah bertahun tahun dipengungsian, tadi juga Ibu Wagubsu Nurhajizah Marpaung juga turut hadir dan akan membantu penanganan percepatan Korban Erupsi Gunung Sinabung," ujar Bupati.

Apalagi hal itu ungkap Bupati sejalan dengan terpilihnya Kabupaten Karo menjadi salah satu daerah percontohan GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental) dimana gerakan Revolusi Mental, yaitu Gerakan Bersih, Tertib, Mandiri, bersatu dan Melayani.

"Nah salah satu gerakan " Melayani" ini yang sedang berlangsung dan ditangani mengenai penanganan Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung. Dasar inilah makanya Pemda Karo, dianggap pemerintah pusat layak dan mampu sehingga terpilih salah satu dari 5 ( lima) Kab/kota sebagai percontohan GNRM, sesuai dengan ketentuan persyaratan yang dibuat oleh Pemerintah Pusat," papar Bupati.
 
Turut hadir dalam Rapat Terbatas tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Kemenko PMK Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani selaku kordinator untuk Ratas tersebut, Sekretaris Kabinet, Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan ,Menteri Kesehatan,menteri dalam Negeri, Menteri Perhubungan, Menteri Pertanian, Menteri Parawisata, Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat, Menteri Energi dan Sumber Mineral, Menteri Pendidikan, Menteri Argraria dan tata ruang/BPN, Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf Presiden , Kepala BNPB, kepala badan Meteorologi, Klimatologi,Geofisika.

Menhut Setujui Pemakaian Kawasan TNGL 

Terpisah, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH juga mengungkapkan bahwa masalah pemakaian kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang direncanakan untuk pembangunan jalan tembus Kabupaten Karo - Langkat akhirnya disetujui Menteri Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

"Prinsipnya, pemakaian 3 Km kawasan TNGL telah disetujui Menteri Kehutanan sebagai jalan tembus Karo-Langkat sekaligus sebagai jalan alternatif," ungkap Bupati usai dirinya bersama Wagubsu Nurhajizah Marpaung dan rombongan bertemu dengan Menteri Kehutanan di kantor Kementerian Kehutanan.

Namun, lanjut Bupati, harus dibangun portal disepanjang 3 km pemakaian kawasan TNGL untuk menjaga kelestarian hutan agar tetap terpelihara. (Anita).

BERITA LAINNYA
Minggu, 19 November 2017 | 21:22:30
Jusuf Kalla Tutup Munas KAHMI
Sabtu, 4 November 2017 | 08:22:51
Indonesia Diposisi Darurat Berita Hoax
Jumat, 13 Oktober 2017 | 22:12:41
Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Medan-Binjai
BERIKAN KOMENTAR
Top