Jumat, 19 Mei 2017 | 22:32:33

Tengku Erry Terima Baret dari Panglima TNI

Erris
PATROLINEWS.COM, Kepri - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menerima baret hitam yang dikenakan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Kami seluruh gubernur se-Indonesia yang hadir pada puncak latihan militer di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau ini disematkan baret," sebut Tengku Erry usai upacara pembaretan, Jumat (19/5/2017).

Menurut Tengku Erry, prosesi pembaretan ini menjadi sebuah kehormatan yang luar biasa dan juga menjadi penghargaan. 

"Pembaretan ini bertujuan untuk semakin meneguhkan mental dan semangat seluruh gubernur untuk tetap menjaga keutuhan NKRI dan menjalankan tugas-tugas negara sebagai pemegang amanah rakyat yang dipimpin," tutur Erry.

Gubernur menyebutkan, latihan militer dan pemberian baret ini karena kami para gubernur seluruh Indonesia merupakan mitra TNI yang merupakan amanat rakyat.
Pembaretan ini merupakan bentuk apresiasi TNI terhadap rakyat melalui kepala daerah masing-masing. Dengan maksud membangun sinergi antara TNI dan rakyat guna membentuk kekuatan wilayah Indonesia dan memperkuat keutuhan NKRI. Serta mengamalkan tujuan dari Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

"Kerjasama antar TNI dan rakyat harus terjalin dengan baik. Sebab, tanpa adanya kerjasama, bagaimana kita bisa membentuk kekuatan bangsa Indonesia agar tidak dipandang sebelah mata oleh negara asing. Selain itu, keutuhan NKRI akan terjaga dengan adanya sinergi antara TNI dan rakyat," ucap Tengku Erry.

Setelah upacara pembaretan seluruh gubernur se-Indonesia, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Jend Gatot Nurmantyo juga pimpinan umum latihan, KSAD, KSAU, KSAL, Pangkostrad Letjen TNI Edy Rachmayadi juga direktur latihan PPRC dan seluruh gubernur se-Indonesia menyaksikan latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI Tahun 2017 di Pantai Teluk Buton, Tanjung Datuk Natuna, Kepulauan Riau.

Puncak latihan PPRC ditandai demonstrasi yang diwarnai dengan penembakan menggunakan meriam hingga helikopter ke laut nampak mengesankan.

Demonstrasi yang ditunjukkan membuat kagum Presiden Jokowi yang terlihat bertepuk tangan. Warga sekitar yang menyaksikan pun menyampaikan pujiannya kepada anggota TNI yang melaksanakan kegiatan PPRC dengan cara bertepuk tangan pula.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga melakukan dialog dengan 23 gubernur dan 4 wakil gubernur yang hadir mengenai kondisi terkini dari masing-masing provinsi sebelum kembali ke Jakarta.(Erris)

BERITA LAINNYA
Kamis, 8 Juni 2017 | 11:49:43
Tahun Ini, Silangit Jadi Bandara Internasional
BERIKAN KOMENTAR
Top