Iklan HUT DPRD Wakatobi
Iklan AHM HUT Ri Ke 72
Iklan HUT RI Pemkab Wakatobi
Kamis, 15 Juni 2017 | 21:29:55

BPJS Kesehatan : Pemudik Dapat Berobat di Luar Wilayah

Ary
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Ternate - Dalam rangka menghadapi arus mudik Lebaran, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mewujudkan kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Para peserta JKN-KIS dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih mudah.

Hal itu diungkapkan Ayatullah MF Pamalingo, SSi Apt dalam jumpa pers di kantor BPJS Kesehatan kota Ternate, Kamis (15/06/17). 

Dikatakan Ayatullah bahwa peserta JKN-KIS yang sementara mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat. Dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat berobat di rumah sakit terdekat yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan kebijakan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 hingga 2 Juli mendatang.

"Pelayanan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaanya aktif dan sakit pada saat perjalanan mudik ataupun sudah sampai ke tempat tujuannya, hal ini mengacu pada prinsip portabilitas yang di jalankan oleh BPJS Kesehatan".

Lebih lanjut Ayatulah menjelaskan bahwa para peserta harus memastikan telah membayar iuran dan disiplin agar status kepesertaannya selalu aktif. Maka untuk mengecek hal itu, peserta dapat membuka aplikasi BPJS kesehatan, karena aplikasi tersebut menyediakan telpon penting seperti, alamat kantor BPJS, fasilitas kesehatan mitra BPJS, tanya jawab BPJS kesehatan dan info BPJS, serta tips BPJS kesehatan. atau melalui Care Center BPJS kesehatan 1500-400.

"Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang ditetapkan, serta tindakan medis yang di peroleh berdasarkan indikasi medis yang jelas dan melalui hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta," pungkasnya.

Sementara itu ada 8 posko mudik yang telah di persiapkan oleh BPJS kesehatan pada titik kepadatan penduduk, yaitu Terminal Pulo, Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtanadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Sukarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Merak Banten. 

"Posko mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 21-24 Juni 2017 tersebut menyediakan pelayan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik," katanya. (Ary)

BERITA LAINNYA
Jumat, 18 Agustus 2017 | 20:16:12
Ketua PN Ternate Dilapor ke Komisi Yudisial
Senin, 7 Agustus 2017 | 22:55:09
Ekspos PK Waterboom Gagal
BERIKAN KOMENTAR
Top