Selasa, 12 Desember 2017 | 21:46:34
Pentas Seni SMAN 1 Kandanghaur

Sendra Tari “Sinta Obong” Pikat Penonton

Baebudin
Ekstra Kulikuler (Eskul) Seni SMA Negeri 1 Kandanghaur saat mempersembahkan sendra tari Sinta Obong pada acara Pentas Seni (Pensi), Selasa 12 Desember 2017.
PATROLINEWS.COM, Indramayu - Sendra tari "Sinta Obong" yang dipentaskan sejumlah 23 penari yang berasal dari Ekstra Kurikuler (Eskul) seni SMA Negeri 1 Kandanghaur pada acara Pentas Seni (Pensi) yang dilaksanakan di lapangan SMA Negeri 1 Kandanghaur yang bertempat di Jalan  Raya Kandanghaur Kabupaten Indramayu, pikat perhatian penonton, Selasa (12/12/2017).

Diketahui, Sendra tari "Sinta Obong" tersebut sebuah tarian yang menceritakan bagaimana Sinta lahir sampai di culik oleh Rahwana (Dasamuka) dan untuk membuktikan kesucian Sinta yang tak pernah di jamah oleh Rahwana maka Sinta melakukan ritual SATI atau menceburkan diri pada api. Akan tetapi tarian "Sinta Obong" ini ditarikan dalam versi tari Topeng Panji. Tari Topeng Panji yang menggambarkan lahirnya Sinta dan juga kesucian Sinta. Sementara tarian Kelana menggambarkan nafsu Rahwana.

Sejumlah 23 penari memperagakan tarian "Sinta Obong" tersebut yakni Silvi Hildayara M, Ica Ayu, Kuriah, Royah, Nova Eliza T, Seli Marceinda, Siti Misbakhul K, Alin Audy S, Sri Endang W, Tri Revita, Waskeni, Annisa W J, Febbi Yolla, Khofifah, Sintiya Wati, Gustiyah, Dewi Tantri I, Sahry AL N, Tania A, Siti Nisrina, Cindy, Tika Novitasari, Lisa Rosanti. Sedangkan untuk para Panjak kesemuanya dari pihak Sanggar Asem Gede Losarang.

Dalam proses penggarapannya, dari pihak Eskul seni SMA Negeri 1 Losarang melibatkan Sanggar Asem Gede Losarang untuk kerjabareng. Hal tersebut seperti diungkapkan oleh pihak pengelolah Sanggar Asem Gede Losarang, Dede Jaelani.

"Kita mendukung dalam proses penggarapannya. Judul tariannya Sinta Obong. Penarinya semua dari pelajar SMA Negeri 1 Kandanghaur, mereka dari Eskul Seni," kata Dede Jaelani, pengelola Sanggar Asem Gede Losarang.

Masih ditempat yang sama, Bagian Makeup, Costume sekaligus Koreografer penari, Siti Khotijah menjelaskan sejumlah 23 anak akan menari dengan judul Sinta Obong. Dikatakannya, Sendra tari sinta Obong tersebut tarian yang menceritakan pembuktian kesetiaan seorang wanita atas kehormatannya.

"Kalau di film, di India itu ada Rama dan Sinta. Nah, tragedinya itu Sinta yang di culik oleh Rahwana. Tapi disini, kita akan menceritakan kedalam tari topeng. Karena Tari Topeng Panji itu sendirikan menceritakan kesucian," jelasnya.

Dikatakannya, dalam mempersiapkan proses tarian Sinta Obong tersebut selama 2 bulan. Demi menghasilkan penampilan tarian yang terbaik, ia bersama ke 23 penari beserta panjaknya sudah berada sejak Senin (11/12/2017) lalu.

"Kita nginep di sini (SMA Negeri 1 Kandanghaur,red). Trus, pagi kita prepare. Sekarang tinggal pertunjukannya. Kalau untuk persiapan costume sekitar 2 jam an. Kalau makeup untuk 2 tokoh utama sekitar 2 jam, dan untuk makeup penari lainnya sembari nunggu waktu untuk tampil," kata Siti Khotojah, seraya menjelaskan bahwa ide koreografer tarian Sinta Obong tersebut dari Dede Jaelani. 

Salah satu penari yang memerankan tokoh Sinta di tarian Sinta Obong, Silvi Hildayara M, mengungkapkan kepada Kru Patrolinews bahwa ia merasakan selama mengikuti proses penggarapan tari Sinta Obong tersebut ia memperoleh banyak pengalaman dan merasakan senang karena bisa berperan sebagai Sinta.

Pensi SMAN SAKA 2017 Ajang Bakat Pelajar 

Guru SMA Negeri 1 Kandanghaur yang juga seksi kegiatan acara Pensi, Agung Putra SPd mengatakan bahwa acara tersebut diselenggarakan dalam rangka Pensi tahun 2017 yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Kandanghaur. 

"Memang Pensi ini diselenggarakan setiap tahun dengan tujuannya  untuk menggali bakat-bakat siswa di SMA Negeri 1 Kandanghaur. Kita akan menggali budaya-budaya yang ada di daerah kita (Indramayu, Red), disini adalah salah satunya pementasan sandiwara. Jadi, dari berbagaimacam siswa dengan bakat-bakatnya yang begitu banyak maka disalurkan di dalam ajang kreasi sandiwara tersebut," terangnya.

Masih kata Agung, Tidak hanya selain dari kreatifitas juga, disamping itu juga ada berbagai macam lomba dalam acara pensi ini. Yang pertama, lomba perkusi. Kemudian yang kedua ada lomba tari. Tari dibagi 2, disini ada tari kreasi dan juga tari tradisional. Kemudian ada juga lomba melukis. Lomba melukis ini, bagaimana anak-anak itu peka terhadap bentuk-bentuk visual yang ada. Ada lomba menyanyi atau solo song. Solo song itu dibagi 2 diantaranya itu solo song Indramayu, lagu-lagu khas Indramayu. Dan juga dangdut. Juga ada pemilihan Duta SMAN SAKA. Duta SMAN SAKA itu tujuannya untuk menjadi icon di SMA Negeri 1 Kandanghaur.yang menjadi panutan dan juga menjadi contoh kepada siswa-siswa yang lain. Tentang Duta siswa yang berprestasi. 

"Kalau acara rangkainya itu sejak satu bulan yang lalu dengan mengadakan berbagaimacam seleksi-seleksi yang kemudian pada acara hari ini acara puncaknya adalah hasil dari pemenang. Jadi, juara 1,2, dan 3 itu dipentaskan di ajang kreasi siswa ini," katanya.

Lanjut Agung, Tidak hanya mengundang pihak Orangtua Pelajar dan Pelajar tapi hanya perwakilan saja tidak semuanya. Juga para pejabat-pejabat yang berada di sekitar sekolah, seperti Danramil, Polsek, dan juga sekolah-sekolah yang ada disekitar kita seperti Ketua OSIS nya dipanggil kesini untuk melihat dan menyaksikan acara pentas seni di SMAN 1 Kandanghaur ini.

"Temanya yaitu SMAN SAKA Jaman Now. Seperti sekarang ini sedang in nya itu. SMAN SAKA itu singkatan, SMA Negeri 1 Kandanghaur, jadi disingkatnya SMAN SAKA," pungkasnya.

Informasi yang terhimpun acara tersebut dimulai dari 08.00 WIB sampai dengan 13.10 WIB. Adapun rangkaian acaranya meliputi pembukaan baca Al-quran, Sambutan Kepala Sekolah, Perkusi, Tari Kreasi, Solo Song Dangdut, Tari Tradisioanal, Duta SMAN SAKA, Solo Song Dermayu, Drama Tari Eskul, Sandiwara, dan pengumuman juara Pensi dan peran. Acara tersebut di ketuai oleh Yasin SE.(Baebudin)

BERITA LAINNYA
Minggu, 7 Januari 2018 | 23:21:19
Ormas BPK Oi Indramayu Gelar Donor Darah
Senin, 11 Desember 2017 | 22:58:25
Yulitanto, Si Penderita Polio Butuh Kursi Roda
Kamis, 23 November 2017 | 22:32:07
Infrastruktur Jalan Dikawasan Pantai Plentong Dibangun
Senin, 13 November 2017 | 21:34:33
Perbaikan Jalan Kabupaten Indramayu Gunakan Dana Desa
BERIKAN KOMENTAR
Top