• Home
  • Jawa Barat
  • Camat Losarang Berikan Simulasi Perhitungan Suara Pilkades Di Desa Santing
Jumat, 8 Desember 2017 | 22:04:42

Camat Losarang Berikan Simulasi Perhitungan Suara Pilkades Di Desa Santing

Baebudin
PATROLINEWS.COM-Indramayu, Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2017 pada Rabu (13/12/2017) nanti secara serentak akan dilaksanakan di Kabupaten Indramayu berharap berjalan sukses, aman, damai, dan melahirkan pemimpin desa dari hasil proses demokrasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh H.Suratna Sukarja SAg MSi Camata Losarang dengan didampingi Sekretaris Camat (Sekcam) saat memberikan simulasi tata cara pelaksanaan perhitungan suara Pilkades 2017 kepada pihak Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkades 2017 Desa Santing, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Santing, Kepala RT RW Desa Santing dan kepada puluhan Tim Sukses (Timses) dari calon Kades.

Simulasi tata cara pelaksanaan perhitungan suara Pilkades 2017 tersebut dihadiri oleh pihak Kepolisian Sektor Losarang yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Santing Aiptu H.Sukarya, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Losarang. Yang dilaksanakan di kantor Desa Santing Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu pada Jumat, 8 Desember 2017 sekira 14.30 WIB berjalan dengan aman, lancar dan khidmat. 

Dalam kesempatan itu, guna pencerahan bagi undangan yang hadir, H.Suratna Sukarja SAg MSi Camat Losarang menyampaikan Peraturan Bupati (Perbub) nomor 25 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Pilkades serentak di Kabupaten Indramayu.

"Untuk pelaksanaan Pilkades tanggal 13 Desember 2017, pukul 07.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Ini sudah diatur oleh Perbub. Apabila nanti pada pelaksanaannya ada pemilih yang datang di TPS pada waktu  melebihi pukul 13.00 WIB, maka pemilih itu tidak boleh memberikan hak suaranya, atau tidak boleh menoblos kertas suara. Jadi, nanti tolong di ingatkan juga kalau Panitia Pilkades yang didampingi Kepala RT dan RW saat memberikan surat undangan kepada penerima undangan atau pemilih hak suara. Pemilih jangan sampai datang ke TPS lewat dari pukul 13.00 WIB. Bagaimana semisalnya ada pemilih yang tuna netra, atau pemilih yang tidak bisa berjalan ke TPS? Ya, itu silahkan dari pihak PPS juga dihadiri dari masing-masing perwakilan calon Kades dan dari pihak BPD untuk membuat aturan bagi pemilih yang tuna netra ataupun tidak bisa berjalan ke TPS," kata H.Suratna Sukarja SAg MSi, Camata Losarang.

Ia juga menghimbau kepada para tim sukses dari masing – masing calon Kades untuk selalu menjaga dan menciptakan lingkungan yang kondusif. "Nanti pada tanggal 11 sampai 12 Desember 2017, itu hari tenang. Nanti alat peraga kampanye calon Kades yang berada di selain di Kantor Desa dan di masing-masing rumah calon Kades, itu semua akan ditertibkan, dibersihkan. Itu artinya agar masyarakat di Desa Santing ini bisa melebur lagi dari suasana Pilkades. Samapi nanti di hari pelaksanaan Pilkades. Sekarang silahkan masih ada waktu kesempatan bagi tim sukses masing-masing calon Kades, untuk melakukan rasa simpatik kepada masyarakat. Berikan rasa simpatik kepada masyarakat," katanya.

Diketahui, calon Kades Desa Santing Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu periode 2018-2024 ada 3 calon Kades diataranya nomor urut 1 Hj Sairoh. Nomor urut 2 H Duloh Ssos. Dan nomor urut 3 Sugiyono. Ketiganya sudah melaksanakan kampanye, dan terahir pelaksanaan kampanye pada hari ini Jumat 8 Desember 2017. Dari pantauan awak media ini, di Desa Santing masih telihat kondusif.

Seperti yang dirilis oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu, bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu pada Kamis (07/12/2017) lalu di Ruang Ki Tinggil Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indramayu telah dilaksanakan evaluasi tahapan Pilkades yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Indramayu H.Supendi MSi.

Dalam kesempatan itu, Kepala DPMD Kabupaten Indramayu, DR Dudung Indra Ariska SH MH mengatakan bahwa tahapan Pilkades terbagi kedalam 4 tahapan yakni persiapan, pencalonan, pemungutan, perhitungan suara dan penetapan kuwu. Ia mengatakan, Pilkades serentak ini diikuti oleh 482 calon Kades, namun dalam perjalanan proses tahapan pencalonan terdapat 3 calon Kades yang mengundurkan diri dengan alasan tidak jelas sehingga yang mengikuti kontestasi pilwu berjumlah 479 calon Kades.(Baebudin)  

BERITA LAINNYA
Minggu, 7 Januari 2018 | 23:21:19
Ormas BPK Oi Indramayu Gelar Donor Darah
Selasa, 12 Desember 2017 | 21:46:34
Sendra Tari “Sinta Obong” Pikat Penonton
Senin, 11 Desember 2017 | 22:58:25
Yulitanto, Si Penderita Polio Butuh Kursi Roda
Kamis, 23 November 2017 | 22:32:07
Infrastruktur Jalan Dikawasan Pantai Plentong Dibangun
Senin, 13 November 2017 | 21:34:33
Perbaikan Jalan Kabupaten Indramayu Gunakan Dana Desa
BERIKAN KOMENTAR
Top