• Home
  • Jawa Barat
  • Sekda Indramayu Ajak Muspika & Warga Pelihara Daerah Sungai
Kamis, 7 Desember 2017 | 00:33:35

Sekda Indramayu Ajak Muspika & Warga Pelihara Daerah Sungai

Baebudin
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Indramayu - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu, H Ahmad Bachtiar SH saat memimpin apel siaga bencana, banjir, longsor dan rob tingkat Kabupaten Indramayu yang dilaksanakan di Alun – alun Indramayu pada Rabu (6/12/2017) memberikan sambutan dihadapan peserta apel.

Sekdakab Indramayu, H Ahmad Bachtiar SHmengatakan bahwa tidak ada satupun di dunia ini yang mengharapkan ketimpa bencana namun tidak ada satupun di dunia ini yang mampuh menghalangi bencana datang. Dikatakannya, kesiap siagaan terhadap datangnya bencana itu mutlak diperlukan.

"Kita tahu dibelahan bumi ini hampir setiap saat kita dengar terjadi bencana. Mengapa demikian? Satu hal yang sangat mungkin bisa menjadi jawaban itu semuanya adalah terganggunya ekosistem," kata  H Ahmad Bachtiar SH, Sekda Kabupaten Indramayu.

Ia mengungkapkan, terganggunya ekosistem inilah yang menyebabkan meningkatnya suhu bumi. Peningkatan suhu bumi pasti terjadi pula dipermukaan laut. Ketika terjadi pengupan di laut, inilah cikal bakal terjadinya siklon. Semakin banyak uap air yang tertampung di angkasa sana, semakin udara tertekan. Perbedaan tekanan itulah yang menyebabkan udara yang tadinya stagnan menjadi tidak terkendali. Itu yang disebut dengan badai.

"Menanggulangi adalah hal yang sangat mahal. Tapi mencegah itu lebih murah. Oleh sebab itu disamping penanggulangan, yuk kita bersama-sama kita benahi, sehingga ekosistem yang ada dimuka bumi ini tetap terjaga," katanya. 

Dijelaskannya, Banyaknya penebangan hutan, banyaknya pemanfaatan lahan yang tidak seharusnya, ini yang menyebabkan terjadinya bencana. Contoh di daerah Garut (Kabupaten Garut, red). Pembukaan hutan besar-besaran diatas bukit dan pegunungan. Untuk kegiatan ekonomi menyebabkan tidak ada lagi daerah – daerah tangkapan air di atas puncak sana. Sehingga, ketika terjadi hujan hampir seluruh air yang tertumpah dari langit masuk langsung kedaratan dan turun ke arah sungai, akibatnya terjadi banjir bandang. Inilah yang kita mencoba kita cegah. Bahwa mencegah itu lebih murah ketimbang kita menanggulangi.

Pelaksanaan apel yang dihadiri Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin SIK MH MAP, dan diikuti oleh peserta apel dari berbagai instansi yang berada di Indramayu seperti Badan Penanggulanagn Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, PMI Indramayu, Setkom Indramayu. Turut hadir H Wartono SPd MSi, Kepala Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu beserta perangkatnya juga mengikuti apel tersebut. 

Selain itu juga, terlihat peserta apel dari Pramuka serta dari Organisasi Masyarakat Oi Indramayu yang di ketuai Ali Sa'id SPdi beserta anggotanya. Pelaksanaan apel siaga bencana, banjir, longsor dan rob tingkat Kabupaten Indramayu berjalan dengan khidmat.(Baebudin)

BERITA LAINNYA
Selasa, 12 Desember 2017 | 21:46:34
Sendra Tari “Sinta Obong” Pikat Penonton
Senin, 11 Desember 2017 | 22:58:25
Yulitanto, Si Penderita Polio Butuh Kursi Roda
Kamis, 23 November 2017 | 22:32:07
Infrastruktur Jalan Dikawasan Pantai Plentong Dibangun
Senin, 13 November 2017 | 21:34:33
Perbaikan Jalan Kabupaten Indramayu Gunakan Dana Desa
Jumat, 29 September 2017 | 23:42:05
FORCIBER Adakan Nobar Film G30s/PKI
BERIKAN KOMENTAR
Top