Jumat, 9 Februari 2018 | 17:43:19
Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai Tanpa Sara di Wilayah Sumatera Utara

Tekan Isu SARA Jelang Pilkada, Polda Sumut Silaturahmi dengan Wartawan

Nando
PATROLINEWS.COM, Medan - Polda Sumut menggelar acara silaturahmi dengan jurnalis guna menekan penyebaran isu SARA menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terutama pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Sumatera Utara.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua IJTI Sumut Budiman, Perwakilan AJI Sumut Vincensius Sitepu, Wartawan Mitra Polda Sumut kurang lebih 200 orang, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw, Wakapolda Sumut, Irwasda Polda Sumut, PJU Polda Sumut, Staf Bid Humas Polda Sumut. 

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting dalam sambutannya mengatakan acara itu merupakan implementasi dari rencana kegiatan Satgas Nusantara, khususnya sub satgas manajemen media di Polda Sumut.

Kombes Rina berharap para awak media sebagai salah satu mitra dari kepolisian dalam mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan aman tanpa SARA di wilayah Sumut.

Sedangkan Ketua AJI yang diwakili Vincensius Sitepu menyampaikan tujuan berita pertama adalah untuk kepentingan publik dan bukan untuk pihak-pihak lain.

Oleh karena itu, Vincen menghimbau para insan pers agar juga dapat menjamin independensi, netralitas dan pemberitaan berimbang.

"Sehingga masyarakat memiliki kesadaran untuk menyalurkan aspirasi politinya dengan baik, bebas, netral dan bertanggung jawab, sekaligus mensukseskan Pilkada 2018 di Prov. Sumut," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, Jurnalis Indonesia harus bisa menjadi wasit dan pengawas, serta teliti dan seksama terhadap pelaksanaan Pilkada 2018.

Vincen menegaskan Jurnalis yang terkait menjadi anggota Partai Politik, lebih baik mengundurkan diri dari tugas sebagai jurnalis. "Bagi jurnalis yang terkait menjadi tim sukses Paslon Gubsu maka diharuskan non aktif secara permanen," ujarnya.

Alasannya, ketika jurnalis menjadi bagian dari tim sukses sesungguhnya jurnalis telah memilih berjuang untuk kepentingan golongan.

Sementara Satgas Nusantara Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw menyampaikan momen pertemuan dengan awak media merupakan hal yang penting.  

"Pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang sinergis dan harmonis atara insan pers dengan Polda Sumut dalam mewujudkan kamtibmas yang aman, damai dan kondusif khususnya dalam pelaksanaan Pilkada 2018 di Prov. Sumut. Kita ada bukan kita tidak ada, Polda Sumut siap dalam mengamankan dan melayani masyarakat, khususnya dalam kegiatan Pilkada 2018," Irjen Paulus Waterpauw.

Apalagi dengan suhu politik yang semakin memanas, ungkap Paulus maka Polri membentuk Satgas Nusantara yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya isu-isu provokatif terkait isu primordialisme (SARA).

"Sebagai implementasi rencana kerja Satgas Nusantara, Polda Sumut menggelar pertemuan dan Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai tanpa SARA Bersama Insan Pers Mitra Polda Sumut hari ini. Terimakasih kepada seluruh insan pers yang sampai saat ini mendukung Polda Sumut lewat manajemen berita yang baik, sehingga dapat meningkatkan Public Trust terhadap Polri," tukasnya.

Juga, guna mengatasi masalah SARA, Kapolda berencana menggalakkan olahraga di kalangan remaja dan pemuda agar mereka dijauhkan dari hal-hal negatif gadget dan narkoba. Hal itu sekaligus untuk mengangkat citra Sumatra Utara lebih positif lagi.

Dalam kesempatan itu, para jurnalis juga membacakan Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai Tanpa Sara di Wilayah Sumatera Utara. (Nando)

BERITA LAINNYA
Rabu, 21 Februari 2018 | 19:53:17
Beraksi Pagi Buta, Seorang Jambret Ditangkap Polisi
Rabu, 21 Februari 2018 | 19:21:23
Spesialis Bongkar Rumah Diciduk Polisi
Kamis, 15 Februari 2018 | 22:42:02
177 Prajurit Bintara Remaja TNI AD Dilantik
Rabu, 14 Februari 2018 | 22:54:26
Cekcok Mulut, Dua Supir Angkot Rahayu Adu Jotos
BERIKAN KOMENTAR
Top