• Home
  • Hukum & Kriminal
  • Ratusan Bal Pakaian Eks Luar Negeri Bernilai Miliaran Rupiah Digagalkan Polda Sumut
Jumat, 2 Februari 2018 | 21:23:34

Ratusan Bal Pakaian Eks Luar Negeri Bernilai Miliaran Rupiah Digagalkan Polda Sumut

Nando
PATROLINEWS.COM, Medan - Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) berhasil menggagalkan 226 bal pakaian bekas eks Luar Negeri bernilai miliran rupiah untuk diedarkan di Kota Medan.

Dalam penangkapan itu, Polisi juga menyita 2 Mobil Truk Mitshubishi Colt Diesel, 2 Mobil Mitshubishi L300 (Box dan Pick up), Mobil Suzuki Pick Up, Mobil Daihatsu Grandmax, Mobil bus umum Povri, dan Mobil truk Colt Diesel. Adapun para pelakunya IH (Supir BA 8393 EU), AR (Supir BA 8404 AU), RHDS (Supir BK 9234 YG), AF (Supir BK 9220 VR), ES (Supir BM 9729 MI), RTN (Supir BK 1909 TV), MA (Supir B 7353 IZ).

Demikian dijelaskan Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpaw dihadapan para awak media dalam acara konferensi pers yang digelar di Mapolda Sumut, Jumat (2/2/2018). 

"Ratusan bal pakaian bekas itu masuk melalui perairan Tanjungbalai. Jadi total balpress yang kita amankan sebanyak 226 ball. Polisi juga mengamankan 7 supir truk yang mengangkut pakaian bekas itu,"sebut orang nomor satu di Mapolda Sumut.

Dengan pengungkapan ini kata Kapolda, negara bisa mengalami kerugian mencapai Rp 1,1 Miliar. Tentunya para penyelundup pakaian bekas ini tidak membayar pajak, sehingga berpotensi menimbulkan kerugian negara.

"Semua balpres pakaian bekas asal Luar Negeri itu rencananya akan dipasarkan ke Kota Medan," ucap Irjen Pol Paulus Waterpauw. 

Polda Sumut berkomitmen untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, dan terutama juga dalam penegakan hukum dibidang ekonomi. 

"Pengungkapan yang telah dilaksanakan oleh Dit Reskrimsus dan Polres Jajaran terhadap ball press/pakaian bekas, juga untuk melindungi masyarakat dari barang-barang illegal dan tidak higienis/kotor. Dimohon peran serta instansi terkait dan masyarakat untuk menginformasikan kepada Polri, jika menemukan tindak pidana di lingkungannya. Dengan personil yang terbatas dibanding wilayah laut yg sangat luas, sehingga penegakan hukum oleh Polda Sumut masih terus ditingkatkan, terhadap penyelundupan barang illegal dan terutama dalam memberantas peredaran narkoba," himbau Kapolda. 

Kapolda juga meminta agar penyidik harus meningkatkan sinergi dengan PPNS Bea Cukai dalam mengungkap kasus tersebut. Dan  selanjutnya kasus akan dilimpahkan kpd PPNS bea Cukai untuk proses hukum.

Pengungkapan kasus itu turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Direktorat Bea Cukai Prov. Sumut Oza Olivia, Irwasda dan PJU Polda Sumut.

Sementara Kepala Bea Cukai Prov. Sumut Oza Olivia mengatakan tugas Bea Cukai dalam memeriksa cukai dan menyita barang bukti adalah perintah dari Kementrian Perdagangan RI.

"Kami juga siap untuk melakukan kerja sama dengan Polda Sumut dalam rangka memberantas masuknya peredaran barang ilegal di Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Kerjasama sinergis telah dilaksanakan bersama dengan Polda Sumut, Dit Polair dan TNI-AL," pungkasnya. 

Sebelumnya, jajaran Polda Sumut juga juga turut mengamankan pakaian eks luar negeri. Penangkapan pertama dilakukan oleh Polres Asahan pada 16 Januari 2018 kemarin sekira pukul 00.30 Wib. 

Dari penangkapan ini, polisi menyita 46 bal pakaian bekas yang akan diedarkan ke Kota Medan. Penangkapan ini dilakukan di Jalan Lintas Sumatera Kisaran Kabupaten Asahan. Puluhan bal pakaian bekas itu diangkut dengan mengendarai lima unit mobil truk.

Kemudian penangkapan kedua dilakukan Polres Tanjungbalai pada Senin tanggal 22 Januari 2018 sekitar Pukul 05.00 Wib. Pengungkapan ini dilakukan di Jalan Arteri Kelurahan Sirantau Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai. Dari pengungkapan ini, polisi menyita 60 bal pakaian bekas eks Luar Negeri.

Terakhir, personil Subdit I/Indag Ditreskrimsus Polda Sumut pada 22 Januari 2018 mengamankan 2 unit mobil yang mengangkut 120 karung balpres pakaian bekas yang diduga berasal dari Luar Negeri yang diseludupkan melalui perairan Tanjung Balai. (Nando)

BERITA LAINNYA
Rabu, 21 Februari 2018 | 19:53:17
Beraksi Pagi Buta, Seorang Jambret Ditangkap Polisi
Rabu, 21 Februari 2018 | 19:21:23
Spesialis Bongkar Rumah Diciduk Polisi
Kamis, 15 Februari 2018 | 22:42:02
177 Prajurit Bintara Remaja TNI AD Dilantik
Rabu, 14 Februari 2018 | 22:54:26
Cekcok Mulut, Dua Supir Angkot Rahayu Adu Jotos
BERIKAN KOMENTAR
Top