Selasa, 2 Januari 2018 | 21:43:59

Perpanjang Libur Tahun Baru, Aktivitas Sidang PN Medan Terhenti

Pijar
Ruang Tahanan PN Medan Kosong, dan beberapa ruang sidang juga kosong.
PATROLINEWS.COM, Medan - Aktivitas persidangan di Pengadilan Negeri Medan 'terhenti'. Tak satupun para tahanan perkara Pidana Umum (Pidum) dan Pidsus (Pidana Khusus) terlihat mengisi ruangan sidang di PN Negeri Medan itu. Padahal semua instansi pemerintah telah memulai aktivitas pada hari ini, Selasa (2/1/2018). 

Pantauan awak PATROLINEWS.COM di dalam gedung Pengadilan Negeri (PN) tampak ruangan sel tahanan sementara kosong melompong. Demikian juga dengan ruang-ruangan persidangan yang yang biasanya penuh dengan tahanan untuk menunggu jadwal persidangan.

Juru Bicara Pengadilan Negeri Medan Jamalludin saat dikonfirmasi kru media ini, Selasa (2/1/2018) menegaskan bahwa pihak Pengadilan Negeri Medan telah siap menggelar proses persidangan pada hari ini. Namun, Jamalludin beralasan tidak adanya aktivitas persidangan karena Jaksa tidak ada mengirim para tahanan ke PN Medan.

"Kami siap menggelar proses sidang, namun sampai saat ini tahanan belum juga datang. Dan tadi kami juga baru menggelar perkara perdata. Namun untuk tahanan perkara Pidana Umum, dan Pidana Khusus tidak ada," ucap Jamaluddin kepada wartawan.

Terpisah, Kajari Medan Olopan Nainggolan malah mengatakan para jaksa telah siap untuk membawa tahanan dan menyidangkan di pengadilan Negeri Medan, tetapi dirinya meminta agar wartawan juga mempertanyakan masalah itu kepada Kanwil Kemenkumham Sumut.

"Nah, kalau sampai sekarang belum ada tahanan baik itu Pidum dan Pidsus silahkan para teman media mengkonfirmasikan kepada Kanwil Kemenkumham Sumut, yang menaungi Lapas Anak, Wanita dan Rutan Tanjunggusta Medan," ujar Oloan seakan tidak ingin menjadi penyebab terhentinya aktivitas persidangan di PN Medan.

Sementara itu, Humas Kejatisu Sumanggar Siagian mengatakan bahwa dirinya sedang cuti dan dan tidak bisa menjawab pertanyaan wartawan terkait penyebab tahanan yang tidak dikirim untuk bersidang di PN Medan. (Jar)

BERITA LAINNYA
Senin, 15 Januari 2018 | 23:43:07
Tergelincir ke Sungai, Sinar Sinaga Tewas Terbawa Arus
Selasa, 9 Januari 2018 | 23:49:30
Korban Tabrak Lari, Nenek Ini Meninggal Ditempat
Selasa, 9 Januari 2018 | 23:37:32
49 Paket Sabu dan Seorang Pengedar Diamankan Polisi
Selasa, 9 Januari 2018 | 23:36:28
Rutan Kabanjahe Over Kapasitas
Senin, 8 Januari 2018 | 23:49:00
Lapas Kabanjahe Pindahkan 20 Napi ke Medan
BERIKAN KOMENTAR
Top