Kamis, 7 Desember 2017 | 21:45:25

FKUB Sumut Gelar Dialog Umat Beragama

Anita
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Medan - Dialog umat beragama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Sumut yang digelar Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Sumatera Utara bekerjasama dengan Rumah Komunikasi Lintas Agama di Gedung MICC, Jalan Gagak Hitam/Ring Road, Kamis (7/12/2017) di Medan berjalan sukses, meskipun Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dijadwalkan sebagai narasumber berhalangan hadir.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keharmonisan umat beragama di Sumut. Dialog yang bertemakan "Merajut keberagaman dengan semangat persatuan dan kebangsaan guna terciptanya stabilitas kambtibmas dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sumut ini diikuti ribuan masyarakat Sumut dari seluruh kabupaten/kota dengan berbagai latar belakang agama.

Jelang acara dibuka, tampak masyarakat berbondong-bondong menduduki kursi-kursi yang disediakan. Sementara para tokoh agama dan tokoh masyarakat duduk di barisan kursi paling depan. Tempat duduk peserta disusun berdasarkan kabupaten/kota asal mereka. Sebagian dari mereka tak sedikit yang mengenakan pakaian adat etnis masing-masing.

Dalam pesan tertulis Kapolri yang dibacakan Kakorbinas Baharkam Mabes Polri, Irjen Pol Drs Arkian Lubis mengatakan dari potensi perpecahan bangsa saat ini karena kurangnya komunikasi yang baik antar lintas agama, suku dan lintas keberagaman.

"Kegiatan ini menjadi refleksi dari sumpah pemuda yang merupakan momentum penting yang menyatukan bangsa Indonesia,"ujarnya.

Dalam pesannya juga, Kapolri mengungkapkan ancaman perpecahan saat ini juga berasal dari berbagai persoalan yang didominasi perbedaan kepentingan antara satu dengan lainnya. Perlu upaya untuk mencegah munculnya sikap mementingkan diri sendiri dan golongan di tengah masyarakat.

"Harus dimunculkan sikap mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan diri sendiri dan golongan," ungkapnya.

Dalam acara juga dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan para petinggi Polda Sumut, para tokoh pemuka agama, para tokoh adat, serta masyarakat umum lainnya. (Anita)

BERITA LAINNYA
Kamis, 14 Desember 2017 | 23:05:12
Komplotan Pencuri Nyaris Tabrak Kapolsek Pakkat
Minggu, 10 Desember 2017 | 22:24:25
Pelaku Pencurian Toko Terekam CCTV
Selasa, 5 Desember 2017 | 22:54:41
Penemuan Tulang Tengkorak Gegerkan Warga Ponorogo
Selasa, 5 Desember 2017 | 08:28:51
Cipayung Plus Sumut Tolak Pengesahan R-APBD 2018
Selasa, 28 November 2017 | 22:52:54
Main Judi KIM, Marudut Diringkus Polsek Pakkat
Rabu, 22 November 2017 | 22:26:18
Konsumen Bandar Sabu Pasar XII Diciduk Polisi
BERIKAN KOMENTAR
Top