Kamis, 10 September 2015 | 23:31:44

BNN Sumut tak Setujui Buwas Hapus Rehabilitasi Pengguna Narkoba

BERITA TERKAIT:
POLDASU, PATROLInews.com - Inisiatif Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru, Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) yang berencana menghapus rehabilitasi pengguna narkoba, tidak disetujui pihak BNN Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Menurut Humas BNNP Sumut, AKBP Saudara Sinuhaji, penghapusan rehabilitasi narkoba jelas melanggar undang-undang (UU).

"Bagaimana mungkin Pak Buwas (Budi Waseso) mau menghapus rehabilitasi bagi pengguna narkoba. Sementara itu sudah diatur di UU narkotika. Jadi mana yang harus di ikuti, UU atau Pak Buwas," katanya kepada wartawan, saat berkunjung ke Bid Humas Poldasu, Kamis (10/9) siang.

Menurutnya, para pengguna narkoba itu, umumnya merupakan korban. Jadi, dengan menghapus rehabilitasi pengguna narkoba, jelas akan menambah biaya. "Mereka kan (pengguna narkoba, red) korban, bukan pelaku. Jadi kita (BNNP Sumut, red) berdasarkan UU itu, harus melakukan rehabilitasi," terangnya.

Namun, Sinuhaji tak mengungkapkan detil rehabilitasi yang dimaksud. Pada kenyataannya, setiap BNNP Sumut menjaring pengguna narkoba dari setiap lokasi hiburan malam, esok harinya mereka telah dipulangkan dengan berbagai pertimbangan.

"Beberapa waktu lalu kita merazia NZ (New Zone, red), ada sekitar 150 orang kita jaring dan kita bawa ke markas. Dari sekian orang, bagaimana mungkin mereka kita tahan, sementara untuk biaya makan mereka saja satu hari tiga kali, dikali 15.000 ribu," bebernya.

Pun begitu, kata Sinuhaji, setiap BNNP Sumut melakukan razia, ada beberapa ditemukan narkoba (ekstasi) didalam ruangan. Namun hal itu, sulit untuk menjerat para pengguna narkoba. "Ada juga kita temukan ekstasi diruangan. Ada yang separuh, hancur, tapi tak tau kita itu milik siapa, karna kita temukan dilantai. Bukan pada mereka (pengguna)," tukas Sinuhaji. (sw)

BERITA LAINNYA
Rabu, 21 Februari 2018 | 19:53:17
Beraksi Pagi Buta, Seorang Jambret Ditangkap Polisi
Rabu, 21 Februari 2018 | 19:21:23
Spesialis Bongkar Rumah Diciduk Polisi
Kamis, 15 Februari 2018 | 22:42:02
177 Prajurit Bintara Remaja TNI AD Dilantik
Rabu, 14 Februari 2018 | 22:54:26
Cekcok Mulut, Dua Supir Angkot Rahayu Adu Jotos
BERIKAN KOMENTAR
Top