Rabu, 9 Agustus 2017 | 20:07:47

Kemendes PDTT Gandeng Polri Awasi Penggunaan Dana Desa

Anita
PATROLINEWS.COM, Karo - Rawannya penyelewengan penggunaan dana desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggandeng Kepolisian RI terkait pengawasan dan penggunaan Dana Desa (DD).
 
"Supaya dana desa tepat sasaran dalam penggunaannya, maka perlu pendampingan dan pengawasan polisi dalam hal ini Babinkamtibnas. Sehingga, penggunaan dana desa tepat guna dan tepat sasaran. Kita sudah meneken MoU dengan Kemendes untuk mendampingi dana desa diseluruh penjuru Indonesia,"ujar Kapolsek Barusjahe AKP Siswaya, Rabu (9/8/2017) disela-sela peletakan batu pertama pembangunan dapur Losd (Balai) Desa Pertumbuken.  
 
Dikatakannya, pemerintah pusat baru-baru ini telah membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Polri. Upaya preventif itu dilakukan dengan mengawasi dan mendampingi proyek dana desa. Mulai dari perencanaan, program, pengerjaan fisik proyek, hingga kesesuaian penggunaan anggaran dengan program.
 
"Pendampingan dan pengawasan ini sesuai dengan arahan Pimpinan Kepolisian dan Kemendes. Jadi kita harus patuh melaksanakan perintah atasan demi pembangunan negara Indonesia yang dimulai dari desa," ujarnya.
 
Oleh karena itu, demi pembangunan desa yang lebih baik kedepannya dan tidak terjadi adanya penyelewengan dana desa. Patut menjalin kerjasama yang baik antara pemerintahan Kecamatan. Disetiap kegiatan desa tetap memberikan arahan pembangunan sesuai dengan koridor atau aturan undang-undang. 

"Saya tak akan bosan-bosan mengingatkan perangkat desa agar benar-benar menggunakan dana desa. Tolong diingat ya," ujarnya.
 
"Untuk itu, seluruh lapisan masyarakat hendaknnya secara bersama-sama menjaga, mengawasi dan memanfaatkan kucuran dana desa. Bekerja harus penuh dengan rasa tanggung jawab," tambah Camat Barusjahe Drs. Kalsium Sitepu didampingi Danramil Barusjahe Kapten Inf. Alpen Sembiring.

Kepada Tim Pengelola Kegiatan dan Perangkat desa, Ia berpesan agar setiap kegiatan dilengkapi dengan dokumentasi. Begitu juga rencana pembangunan diumumkan melalui baliho yang lebih mudah dilihat masyarakat.
 
Sementara, Ketua BPD Pertumbukan, Mulia Sembiring didampingi Kepala Desa, Waspada Sembiring dihadapan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh pemuda mengucapkan terimakasih kepada Forum Pimpinan Kecamatan yang telah hadir memberikan arahan dan bimbingan bagi Pemerintahan Desa dan masyarakat. (Anita)
 

BERITA LAINNYA
Selasa, 15 Agustus 2017 | 21:47:17
Gubsu Jadi Narsum Sosialisasi Satuan Tugas Saber Pungli
Selasa, 15 Agustus 2017 | 20:59:13
Mencuri Dirumah Tetangga, Kuli Bangunan Ditangkap Warga
Selasa, 15 Agustus 2017 | 20:57:26
Security Kantongi Sabu Diciduk Polisi
Selasa, 15 Agustus 2017 | 20:11:40
Dua Pelaku Pencuri Kusen Rumah Kosong Ditangkap Polisi
Selasa, 15 Agustus 2017 | 19:05:23
Polda Malut Musnahkan 18 Kg Ganja dan 341,8 Gram Sabu
BERIKAN KOMENTAR
Top