• Home
  • Hukum & Kriminal
  • Bahas Percepatan Pembangunan di Sumut, KEIN Jadikan Kepala Bappeda Provsu Narasumber
Rabu, 14 Juni 2017 | 09:07:57

Bahas Percepatan Pembangunan di Sumut, KEIN Jadikan Kepala Bappeda Provsu Narasumber

Kepala Bappeda Pemprovsu Ir Irman M Si
PATROLINEWS.COM, Medan - Kepala Bappeda Pemprovsu Ir Irman  MSi menjadi  pembicara atau narasumber  di Seminar Komite Ekonomi dan Industri Nasional  (KEIN) di Jakarta terkait  pembahasan Percepatan Pembangunan Sumatera Utara untuk diberikan rekomendasi kepada Presiden RI Jokowi.

"Benar, saya menjadi pembicara di acara Seminar yang diselenggarakan  KEIN terkait percepatan pembangunan di Sumatera Utara. Seminar ini juga mendatangkan Tim pembicara dari Ketua Lemhanas , Prof Adiningsih Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Sekretaris Menko dan pejabat eselon 1 dari Bappenas serta Kementrian Jakarta,"  ujar Irman kepada wartawan  lewat telepon, Selasa (13/6/2017).

Dipaparkam Irman,  di acara Seminar ini dia menyampaikan competive dan comparative advantage Sumut dengan  berbagai potensi sebagai pusat pertumbuhan wilayah barat disamping beberapa proyek nasional di Sumut  seperti  Jalan Tol, Kawasan Badan Otorita Danau Toba, Jalan Lingkar Danau Toba, Pelabuhan Kuala Tanjung dan beberapa proyek lainnya.

Keikutsertaan Sumut pada  kegiatan Nasional  ini menurut  Irman , sejalan dengan  kebijakan Gubsu T Erry Nuradi, bahwa membangun Sumut harus intensif berkomunikasi dengan pemerintah pusat khususnya yang  bisa akses langsung kepada Presiden seperti Komite Ekonomi dan Industri Nasional yang merupakan perpanjangan tangan  Presiden Jokowi  dalam  memberikan kebijakan strategis nasional.

"Saya menggantikan Gubsu HT Erry Nuradi sebagai narasumber pada seminar nasional yang diselenggarakan Komite Ekonomi dan Industri Nasional di Menko Perekonomian RI dengan  tema 'Membangun Model Ekonomi dan Bisnis kawasan Terpadu Megapolitan Sumatera Utara'," ujar Irman.

Masih menurut Irman, sebagai narasumber  dirinya juga memaparkan  kawasan strategis nasional di Sumut yang jadi andalan sebagai  lokomotif pertumbuhan antara lain  Mebidangro, KEK Sei Mangke, Pelabuhan Kuala Tanjung, Jalan Tol Medan - Binjai dan Medan 'Tebingtinggi serta pariwisata Danau Toba.

Perlu diketahui, kata Irman pembangunan Pelabuhan Kualatanjung dari hasil seminar investasi diestimasikan mencapai US 16.700 juta dan Kawasan Danau Toba US 600 juta selain peluang penyerapan tenaga kerja.

Untuk  mendukung kawasan Pelabuhan internal Kuala Tanjung , beberapa jalan propinsi disepakati diusulkan jadi Jalan Nasionan antara lain Simpang Kualatanjung- Kuala tanjung, Lima puluh-Perdagangan- Pematangsiatar. Artinya,  dengan memaparkan tentang kondisi pembangunan di Sumut sesuai dengan judul seminar: Membangun Model Ekonomi Kawasan Megapolitan Sumatera Utara yg diseleggarakan Komite Ekonomi dan Industri Nasional RI di Menko Perekonomian RI", maka diyakini ke depan pembangunan di Sumut ke depan akan berkembang pesat dan menjadi centra bisnis.

Seminar yang dibuka Sutrisno Bachir Ketua KEIN RI  dihadiri para anggota KEIN lainnya antara lain  Joni Darmawan, Benni Pasaribu serta para pakar Prof Adiningsih ketua Wantimpres, Raden Pardede, pejabat Eselon 1 dari Kementrian  merumuskan  hasil diskusi bahwa Sumatera Utara dijadikann kawasan strategis Nasional. Kawasan ini tumbuh secara cepat dan tepat maka perlu dibuat roadmap  untuk selanjutnya menjadi masukan kepada Presiden Jokowi.

Dalam kesepatan itu Kepala Bappeda Irman  menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat khususnya KEIN karena sungguh-sungguh memperhatikan Sumatera Utara.

Sebagai komitmen Pemprovsu mendukung program strategis nasional di  Sumut, komitmen good dan clean government serta menjadikan Sumut yang memiliki daya siang,tukas Irman.(Erris)

BERITA LAINNYA
Sabtu, 24 Juni 2017 | 16:05:40
Juru Parkir Liar Luput dari Ops Premanisme
Sabtu, 24 Juni 2017 | 11:52:59
K2YD Sejajaran Poldasu Amankan 135 Tersangka
Sabtu, 24 Juni 2017 | 11:44:01
Kapolres Pelabuhan Belawan Beri 7 Tips Mudik Aman
BERIKAN KOMENTAR
Top