• Home
  • Ekonomi & Bisnis
  • KPPU Sumut Sidak Beras, Gudang Distributor Beras Jalan Sibayak Diduga Oplos Beras
Kamis, 18 Januari 2018 | 00:54:19

KPPU Sumut Sidak Beras, Gudang Distributor Beras Jalan Sibayak Diduga Oplos Beras

Pijar
PATROLINEWS.COM, Medan - Harga beras mulai naik di pasar-pasar tradisional Medan, membuat Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah Sumut, Ramli Simanjuntak yang baru saja dilantik menggantikan Abdul Hakim Pasaribu melakukan Sidak (inspeksi mendadak) di Jalan Sibayak Medan, Rabu (17/01/2018). 

Dalam Sidak tersebut Ramli Simanjuntak mengatakan bahwa kenaikan harga beras di luar wilayah Sumut tidak berpengaruh di Sumut, sebab dari hasil sidak tersebut para pemilik gudang distributor beras mengatakan kepada Ramli bahwa pasokan beras di Kota Medan masih cukup dan tidak membuat harga beras naik, dan kenaikan harga beras dipasaran  sekarang ini hanya berdampak sementara dan tidak berlanjut sampai lusa, jadi Ramli mengatakan kepada awak media bahwa untuk sekarang ini wilayah Sumut tidak akan menerima beras impor, dan jika ada yang mengimpor beras maka Ramli yang langsung menghadang beras impor tersebut masuk wilayah Sumut.

"Pasokan beras di wilayah Sumut masih cukup, jadi saya himbau agar jangan mengimpor beras di Sumut. Dan kenaikan harga beras di Sumut khususnya di Kota Medan hanya sementara saja," ucap Ketua KPPU Sumut Ramli Simanjuntak kepada Awak Media.

Sementara itu, pantauan PATROLINEWS.COM dilokasi gudang distributor beras tersebut, harga beras akan turun sebab pasokan beras di Kota Medan masih cukup.

Lanjut lagi, saat PATROLINEWS.COM mewawancarai salah satu pekerja yang tidak mau menyebutkan namanya, dirinya mengatakan bahwa banyak gudang beras di Jalan Sibayak ini tutup, lantaran sudah diketahui oleh para pemilik gudang distributor beras akan ada Sidak dari KPPU Sumut. 

Dan sebenarnya lanjutnya, seharusnya yang dipantau oleh KPPU itu bukan hanya pasokan beras, melainkan beras yang dioplos oleh oknum para pemilik gudang distributor beras tersebut.

"Banyak sebenarnya gudang beras disini yang tutup lantaran pemilik gudang beras tersebut sudah tau kedatangan KPPU kemari. Jadi percuma saja orang-orang abang kemari. Dan yang paling penting sebenarnya adalah gudang beras disini ada juga melakukan pengoplosan beras, namun tidak dilakukan digudang ini. kalau abang tidak percaya, coba abang cek dibelakang gudang tersebut dan juga lantai atas, disitu tersimpan pembuatan beras dioplos," ucap pria tersebut, Rabu (17/01/2018).

Lanjut lagi, dirinya juga mengatakan bahwa sering juga gudang beras digerbek aparat penegak hukum, namun mereka tidak juga jera.

"Gudang beras disini juga sering digerebek aparat penegak hukum namun mereka tetap juga melakulan pengoplosan," bebernya lagi.

Terpisah, KPPU melakukan sidak di gudang beras, dikarenakan harga beras mulai merangkak naik dipasar tradisonal medan, jadi KPPU melakukan sidak hanya untuk mengetahui apakah benar di telah terjadi lonjakan harga, namun ternyata harga beras tidak akan naik, lantaran pasokan beras di Kota Medan dan Wilayah Sumut cukup, sehingga tidak perlu mengimpor beras. (Jar)

BERITA LAINNYA
Senin, 15 Januari 2018 | 23:33:00
Harga Beras Naik, Pedagang Mengeluh
Jumat, 24 November 2017 | 19:35:55
Harga Bawang Merah Bertengger Diatas Rp16 Ribu
Jumat, 24 November 2017 | 19:21:30
Wabup Karo Lantik Pengurus Forum Anak Kabupaten
BERIKAN KOMENTAR
Top