Iklan HUT DPRD Wakatobi
Iklan AHM HUT Ri Ke 72
Iklan HUT RI Pemkab Wakatobi
Minggu, 11 Juni 2017 | 21:14:52

Diskopukm Sumut Klaim Pertumbuhan Usaha Koperasi Sumut Menggembirakan

Erris
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut M Zein
BERITA TERKAIT:
PATROLINEWS.COM, Medan - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumut, mengklaim pertumbuhan usaha Koperasi di provinsi ini menggembirakan terutama untuk unit usaha simpan pinjam.

"Usaha Koperasi di Sumut selama lima tahun terakhir tumbuh dan berkembang pesat, sehingga ikut berperan mendorong laju kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut M Zein di Medan.

Ia menjelaskan, jumlah Koperasi yang aktif di Sumut saat ini sebanyak, 9000 unit lebih yang sebagian besar   bergerak di bidang usaha simpan pinjam.

Keberadaan unit-unit usaha Koperasi tersebut menurut Zein, ikut memberi kontribusi besar terhadap program pemberdayaan UMKM.

Diakuinya, kinerja 9000 an unit Koperasi itu oleh Kementrian Koperasi dan UKM dinilai sangat mendukung pergerakan ekonomi di Sumut.

Bahkan, lanjut dia kinerja usaha Koperasi yang menggembirakan di daerah ini ikut memberi kontrribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Sumut menjadi sebesar 5.5 persen atau di atas rata-rata nasional.

Berdasarkan kinerja Koperasi tersebut, kata dia Sumut tahun 2017 oleh Pemerintah ditetapkan sebagai salah satu provinsi yang masuk nominasi penerima penghargaan Bhakti Karya Koperasi Nasional yang pengumumannya akan dilakukan pada 2 Juli di Provinsi Sulawesi Selatan.

"Pada saat itu akan diumumkan provinsi mana yang terbaik, penilaian dilakukan tim berdasarkan tata kelola dan pergerakan Koperasi," papar Zein.

Zein menambahkan tim penilai nantinya juga sekaligus memberi penghargaan Satya Lencana Koperasi kepada gubernur yang provinsinya menjadi yang terbaik.

Pihaknya juga merasa bangga atas kinerja UKM di Sumut yang dari tahun ke tahun menunjukkan ke arah yang lebih baik, seperti usaha pembuatan keripik di kawasan Tuntungan yang sudah berorientasi ekspor dan menyerap tenagakerja dalam jumlah relatif banyak.

Zein menceritakan tentang salah seorang pelaku UKM Sumut Muchdi si pengusaha keripik singkong yang gigih, hingga produknya bisa menembus pasar ekspor ke Korea Selatan.

"Sebelumnya dia menitip keripik dagangannya ke kios-kios kecil. Tapi sekarang sudah mengekspor hingga delapan kontainer keripik singkong ke Korea," katanya.

Muchdi adalah contoh pelaku UMKM yang berhasil mengembangkan usahanya melalui program pendampingan yang dilakukan Dinas Koperasi dan UKM Sumut juga didukung penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Sumut.

Zein mengatakan atas perintah Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, saat ini bunga KUR di Bank Sumut hanya 6.99 persen.

Kredit Paten ini merupakan sahabat insan pengusaha pemula sekaligus sangat membantu para pelaku UMKM dan koperasi dalam menjalankan usahanya.(Erris)

BERITA LAINNYA
Jumat, 11 Agustus 2017 | 20:13:48
NTB Ajak Sumut Kerjasama Ternak Sapi
Kamis, 3 Agustus 2017 | 23:05:00
Jepang Tawarkan Pengembangan Beras Premium di Sumut
Minggu, 9 Juli 2017 | 20:50:36
Ketua TP PKK Kota Medan Kembangkan Songket Medan
Jumat, 7 Juli 2017 | 23:32:06
Gubsu Halal Bi Halal Dengan Pengusaha Muda Sumut
Rabu, 5 Juli 2017 | 00:03:04
Gubsu Ajak Investor AS Berinvestasi di Sumut
BERIKAN KOMENTAR
Top